Selasa, 22 Oktober 2013

ETIKA DAN TEORI BISNIS DI LINGKUNGAN RUMAH

           Etika utilitarian adalah suatu ide atau faham dalam falsafah moralyang menekankan prinsip atau manfaat atau kegunaan dalam menilai suatu tindakan sebagai prinsip moral yang dasar.

          Teori utilitarian mengatakan bahwa suatu kegiatan bisnis adalah baik dilakukan jika bisa memberikan manfaat kepada sebagian besar konsumen atau masyarakat.

            Contoh kasus yang terjadi pada lingkungan sekitar rumah saya adalah Warung kelontong, Warung pulsa, Warung makanan(nasi goreng, gado-gado, bubur ayam dsb), dan Alfamart atau Indomaret.

               Kehadiran warung kelontong di rumah saya sangatlah bermanfaat untuk kebutuhan ekonomi primer lingkungan rumah karena di warung tersebut menjual berbagai kebutuhan rumah tangga seperti : Gas, aqua, Beras, telur, tepung, gula, dll. Maka dari itu masyarakat di sekitar rumah saya tidak perlu lagi jauh-jauh untuk pergi jauh ke pasar, karena sebagian kebutuhan rumah tangga disini sudah ada semua, jadi bisa lebih menghemat ongkos atau uang bensin untuk pergi ke pasar.

            Kehadiran warung pulsa di rumah saya juga sangat bermanfaat karena di tempat tersebut dapat memenuhi kebutuhan ekonomi sekunder rumah saya yang berfungsi menjual Pulsa untuk berkomunikasi, saat ini pulsa sangat di cari-cari oleh masyarakat, pulsa pun saat ini sudah hampir menjadi kebutuhan primer karena masyarakat jaman sekarang sangat membutuhkan yang namanya komunikasi dan pulsa lah yang dibutuhkan masyarakat untuk dapat menggunakannya dengan menggunakan alat bantu handphone(telepon genggam).

             Ketika masyarakat sedang malas untuk memasak atau mungkin sibuk dengan pekerjaan maka salah satu jalan alternatifnya yaitu membeli makanan diluar, maka dari itu warung makanan di rumah saya sangat membantu sekali, karena kebutuhan makanan sangat diperlukan oleh masyarakat terutama bagi mereka yang suka wisata kuliner, selain menguntungkan konsumen pedagang/penjual makanan juga mendapatkan keuntungan dari sini karena dia dapat menjual makanan dengan berbagai jenis, apalagi kalau makanan tersebut enak pasti konsumen pun akan terus datang ke warung tersebut dan menjadi langganan karena kelezatan dan nikmatnya makanan di warung tersebut.
         
          Ada juga minimarket disekitar rumah saya yang menjual layaknya supermarket, namun usaha disini dikembangkan untuk semua kalangan masyarakat, disini menjual berbagai macam makanan dan kebutuhan rumah tangga layaknya warung kelontong yang sudah saya jelaskan, namun dengan nuansa seperti di supermarket. Harga di minimarket ini pun sangat terjangkau dan terkadang ketika sedang ada promo produk dia akan memberi potongan harga sehingga masyarakat bisa lebih menghemat lagi.

           Dari beberapa contoh kasus di atas dapat saya simpulkan bahwa kehadiran bisnis atau usaha yang dilakukan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dan juga meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar, karena konsumen dan produsen sama-sama membutuhkan beberapa hal tersebu dan juga bisa belajar untuk buka usaha atau bisnis yang kecil-kecilan bahkan ada beberapa bisa menjadi bisnis yang besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar